JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia untuk mempublikasikan jurnal mahasiswa(i) teknik sipil berdasarkan hasil penelitian di bawah bimbingan dan arahan para dosen Program Studi Teknik Sipil dalam menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021"
:
16 Documents
clear
Tinjauan Perencanaan Struktur Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia dengan Sistem Struktur Baja Komposit
Sarungkit, Ilham Eka;
Kinanti, Shindita;
Ashad, Hanafi;
Mallombasi, Ali;
Fadhil, Arsyad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/ahv60629
Struktur bangunan secara umum terdiri dari bangunan atas (super struktur) dan bangunan bawah (Sub Struktur). Dalam perencanaannya, salah satu struktur penyusun bangunan yang terdiri dari balok, kolom, pelat, dan pondasi harus memiliki dimensi yang kecil namun memiliki kemampuan menahan beban yang besar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara penggunaan sistem struktur beton bertulang biasa dengan sistem struktur baja komposit pada gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Aspek yang ditinjau adalah dimensi komponen struktur, besar gaya–gaya dalam yang terjadi, kinerja struktur, dan jumlah kebutuhan tiang pancang. Metode yang digunakan adalah metode perencanaan yang beracu pada SNI. Tahap awal penelitian ini adalah mengamati data perencanaan gedung sebelumnya, lalu memilah dimensi – dimensi bangunan yang baiknya diubah menggunakan beton komposit. Selanjutnya, mulai dihitung dimensi perencanaan baru yang menggunakan baja komposit. Hasil kajian menunjukkan bahwa dimensi komponen struktur sistem komposit lebih langsing jika dibandingkan dengan sistem beton bertulang biasa yang berarti penggunaannya lebih baik. Jumlah kebutuhan tiang pancang adalah sebanyak 97 buah berdiameter 60 cm atau sekitar 75% dari jumlah kebutuhan tiang pancang dengan sistem struktur beton bertulang biasa.
Pengaruh Tinggi Bukaan Pintu Air Terhadap Karakteristik Aliran : Studi Kasus Saluran Sekunder D.I Saddang Kab. Pinrang
Waaritshasan S., Abdul;
Musallamah, Andi;
Musa, Ratna;
SAR, Mas’ud;
Haris, Muhammad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/z7mvjt05
Optimalisasi bangunan air yang berperan mengatur debit maupun tinggi muka air baik di hulu maupun hilir bangunan air, rentan mengalami gerusan di sebelah hulu dan hilir bangunan pada pintu air. Berbagai upaya ditempuh sebagai upaya penanganan masalah, salah satunya melalui proses pengadaan landasan kolam olak yang dipadukan dengan ambang peredam energi. Dalam perencanaan bangunan air, perlu dilakukan pengkajian perubahan karakteristik korelasi antar parameter hidrolis dari loncatan air. Bangunan pintu sorong menggunakan debit tertentu dapat menjadi instrumen penelitian untuk mengkaji fenomena tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam memahami pengaruh tinggi bukaan pintu air terhadap tidak hanya karakteristik aliran tetapi juga terhadap panjang loncatan yang terjadi akibat bukaan pintu. Pengambilan data dilakukan secara langsung dengan mengambil bukaan 20cm, 30cm, 40cm, dan 50 cm, dimana karakteristik aliran yang didapatkan yaitu superkritis dengan bilangan Froude tertinggi pada pintu B.AL.1 Fr = 2,012 (Superkritis), dan terendah pada B.AL.7 Fr = 1,070 (Superkritis). pada penelitian ini didapatkan bahwa pengaturan tinggi bukaan pintu air mempengaruhi karakteristik aliran yaitu bilangan Froude, dimana semakin kecil bukaan pintu air maka semakin tinggi bilangan Froudenya. Hal ini dikarenakan bukaan pintu mempengaruhi debit dan kecepatan pada saluran dimana bukaan pintu yang lebih kecil akan menghasilkan bilangan Froude dan panjang loncatan yang lebih besar.
Tinjauan Perencanaan Rangka Atap dan Kolom Gedung Olahraga dan UKM Universitas Muslim Indonesia
Salsabila, Febiyuni;
Habibie, Baginda Moehammed;
Ashad, Hanafi;
Fadhil, Arsyad;
Zaifuddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/3a75g587
Saat ini bangunan struktur gedung dengan bentang lebar pada umumnya menggunakan material struktur baja salah satunya Gedung Olahraga dan UKM Universitas Muslim Indonesia seluruh bangunan didesain menggunakan material baja, baik struktur atap maupun kolom. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan material profil baja dan rangka baja pada struktur atap dan mengetahui kekuatan struktur kolom beton bertulang, serta membandingkan anggaran biayanya. Metode analisis struktur gedung menggunakan SAP2000 v20. Hasil tinjauan untuk atap menggunakan rangka baja profil siku berdimensi 150x150x12x14; 120x120x12x13; 100x100x13x10; 80x80x6x8.5, dan tumpuannya menggunakan profil baja WF400x200x8x13. Sedangkan untuk eksisting atap menggunakan profil baja pabrikasi yaitu WF600x200x17x11; WF450x200x14x9; WF300x150x9x6.5. Adapun untuk kolom menggunakan beton bertulang berdimensi 60x60 cm2. Sedangkan untuk eksisting kolomnya menggunakan H350x350x19x12 dan WF600x200x17x11. Dari hasil perhitungan biaya yang didapatkan untuk tinjauan sebesar Rp 3.769.971.052.00 sedangkan untuk biaya eksisting sebesar Rp 4.333.287.330.00 dengan selisih biaya yang digunakan sebesar Rp 563.316.278.00 hasil tinjauan memiliki biaya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan eksisting.
Penerapan Metode Linier of Balancing pada Proyek Perumahan Mutiara Gading II Makassar
Maruapey, Firdhani I.;
Rizal, Muh.;
Bachmid, Sofyan;
Watono;
Muin, Suriati Abd.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/t92jmw33
Dalam pembangunan proyek perumahan tidak akan lepas dari pembahasan badlock. Menurut penjelasan Kementrian PUPR, kebutuhan perumahan di Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan yang ada. Untuk itu, pemerintah maupun swasta turus membangun proyek perumahan. Proyek perumahan memiliki sifat dan karakteristik tersendiri yaitu sifat pekerjaan berulang (Repetitif). Hal ini yang mendasari penggunaan metode Linier of Balancing yang memiliki keuntungan utama mampu mentransformasikan tingkat produktivitas dan durasi pekerjaan ke bentuk format grafik agar lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu dan kebutuhan tenaga kerja pembangunan proyek Perumahan Mutiara Gading II Makassar menggunkan metode penjadwalan Linier of Balancing. Analisis dan perhitungan menggunakan metode penjadwalan Linier of Balancing pada Proyek Perumahan Mutiara Gading II Makassar dengan bagian pekerjaan proyek yaitu drainase (Gorong-gorong), Rumah Tipe 38/90, dan tipe 38/72, dan jalan (Paving Blok) dengan waktu perkerjaan selama 450 hari dengan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 2094 Pekerja. Dalam perencanaan Penjadwalan menngunakan Metode Linier of Balancing akan mengoptimalkan waktu apabila tiap-tiap kegiatan/pekerjaan dikerjakan terus menerus dan dapat memudahkan dalam pengawasan dalam pelaksanaan.
Studi Karakteristik Pergerakan dan Kinerja Ruas Perintis Kemerdekaan Pasca Pembangunan Middle Ring Road
Syara, Elfiyusriningsi;
Umar, Musvira Febriana;
Said, Lambang Basri;
Massara, Asma;
Zaifuddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/xvsvkt98
Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan IX Kota Makassar, berada di kawasan perdagangan, industri, perkantoran, dan pendidikan yang sangat mempengaruhi meningkatnya volume lalu lintas seperti padatnya aktivitas yang terjadi pada saat pergi dan pulang kantor yang dapat menyebabkan kemacetan pada jalan Perintis Kemerdekaan IX tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan kinerja ruas Perintis Kemerdekaan pasca pembangunan Middle Ring Road. Penelitian ini dilakukan selama tiga hari yaitu Jum’at, Ahad, dan Senin, yang diambil pada Pukul 07.00-10.00 WITA dan 14.00-17.00 WITA. Perhitungan pada kapasitas jalan ditinjau menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1994. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik dan kinerja ruas di Jalan Perintis Kemerdekaan IX pasca pembangunan Middle Ring Road yang didapatkan bahwa volume lalu lintas tertinggi terdapat pada Pos B hari Jum’at yaitu 6788,8 smp/jam, dengan kecepatan yaitu 5,97 km/jam, serta kepadatan yang dihasilkan yaitu 1137,15 smp/jam. Nilai tingkat pelayanan yang dihasilkan yaitu C yang merefleksikan arus lalu lintas yang masih stabil, serta jam puncak hambatan samping yang dihasilkan yaitu 2030,9 smp/jam yang berarti kelas hambatan samping yang berada pada Jalan Perintis Kemerdekaan sangat tinggi (VH) sehingga mempengaruhi kinerja jalan.
Analisis Kondisi Arus, Kapasitas, dan Perilaku Lalu Lintas pada Ruas Jalan Poros Maros-Makassar (Depan Grand Mall Maros)
Nurhawa HS, Sitti;
Massara, Asma;
Syarkawi, Mukhtar Thahir
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/r2z56p40
Jalan poros Maros-Makassar merupakan ruas jalan nasional yang memiliki arus kendaraan yang padat. Tipe lingkungan jalan pada sekitar ruas jalan ini merupakan daerah komersial yang marak akan pertokoan, tempat perbelanjaan, dan rumah makan. Tingginya lalu lintas berbagai jenis kendaraan di ruas jalan ini termasuk truck dan bus semakin meningkat pada arus mudik dan arus balik. Karakteristik ini juga sangat khas ditemui di depan kawasan Grand Mall Maros. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi arus, kapasitas, dan perilaku lalu lintas pada ruas jalan poros Maros-Makassar. Survei lalu lintas dilakukan untuk mengetahui pada titik pengamatan selama tiga hari (Senin, Sabtu dan Minggu) dalam rentan waktu selama sepuluh jam mulai dari Pukul 11 pagi hingga 9 malam. Hasil analisis data menunjukkan arus terendah yaitu 326,775 smp/jam/lajur dan arus tertinggi yaitu 1138,5 smp/jam/lajur. Adapun kapasitas yang didapatkan berbeda setiap jamnya disebabkan oleh pengaruh hambatan samping yang berbeda pula. Perilaku lalu lintas diwakili oleh derajat kejenuhan, kecepatan rata-rata kendaraan ringan, dan tingkat pelayanan jalan. Menindaklanjuti arus dan kapasitas didapatkan derajat kejenuhan yang tertinggi adalah 0,85 dengan kecepatan rata-rata kendaraan ringan sebesar 37 km/jam. Berdasarkan tabel tingkat pelayanan (LOS) diperoleh nilai “E” sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada ruas jalan tersebut tidak stabil pada jam tertentu.
Pengujian Parameter Kuat Geser Tanah Lempung Kondisi Consolidated Undryned (CU)
Ryandani, Hamka Putra;
Karim, Arifuddin;
Maruddin, Mukti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/6swwp659
Tanah mempunyai 2 sifat pengujian, yaitu sifat fisis dan sifat mekanis. Kedua sifat pengujian ini saling terkait satu sama lain. Dalam penelitian ini, sifat utama yang diteliti adalah sifat mekanis, yaitu kuat geser langsung. Untuk mempermudah penelitian, dibatasi sampel yang digunakan hanya sampel tanah yang dominan lempung kemudian dibuat 3 spesimen setiap sampel yang berbeda dan diuji dalam kondisi terkonsolidasi. Untuk penentuan benda uji tersebut, sampel yang diuji adalah 3 sampel dengan jumlah total yaitu 9 spesimen. Dalam pencetakan benda uji haruslah diperhatikan konsistensi dari benda uji, dimana pada saat benda uji dikeluarkan dari cetakan, benda uji tersebut tidak mengalami perubahan bentuk. Tujuan penelitian yaitu mengetahui nilai kohesi dan sudut geser dalam pada pengujian tersebut. Hasil yang didapatkan setelah pengujian sifat fisis di peroleh bahwa tanah yang di dapatkan ialah jenis tanah yang lebih dominan lempung, sedangkan hasil pengujian sifat mekanis diperoleh nilai sudut geser dalam untuk sampel pertama 17.78˚, sampel kedua 17.78˚, sampel ketiga 21.85˚ dan nilai kohesi untuk sampel pertama 0.427 kg/cm2, sampel kedua 0.460 kg/cm2, dan sampel ketiga 0.597 kg/cm2. Ini menggambarkan kuat geser langsung kondisi terkonsolidasi apabila nilai sudut geser dalam semakin tinggi maka nilai kohesi pun akan semakin tinggi yang di hasilkan.
Pengaruh Pemberlakuan Sistem Satu Arah terhadap Kinerja Ruas Jalan Andi Tonro Gowa
Muhammad, Afandi;
Arisandi, Eric Dwi;
Salim, Abdul Kadir;
Massara, Asma;
Alkam, Rani Bastari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/680j4a55
Kompleksitas kemacetan lalu lintas di Indonesia semakin mengkhawatirkan sebagai permasalahan turunan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk yang tercermin dari volume lalu lintas yang semakin padat namun tidak diiringi dengan laju penambahan prasarana jalan. Berbagai upaya manajemen lalu lintas dilakukan untuk meminimalisir dampak dari kemacetan lalu lintas seperti yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa yang memberlakukan sistem satu arah di Ruas Jalan Andi Tonro Gowa. Atas penerapan strategi manajemen tersebut, peneliti melakukan analisis tingkat kinerja Jalan Andi Tonro Gowa serta membandingkan kinerja ruas jalan pra dan pasca pemberlakuan sistem satu arah. Dari hasil penelitian, didapatkan bebarapa parameter karakteristik dan kinerja lalu lintas yang berubah secara signifikan diantaranya: data volume lalu lintas sebelum satu arah yaitu 1326 smp/jam dan setelah satu arah sebesar 1333,8 smp/jam, nilai kapasitas berubah dari 2512,22 smp/jam menjadi 3148,794 smp/jam, nilai derajat kejenuhan sebelum satu arah sebesar 0,53 yang menurun hingga 0,41 setelah pemberlakuan sistem satu arah. Perubahan ini berhasil meningkatkan indeks tingkat pelayanan di ruas jalan Andi Tonro Gowa dimana sebelum diberlakukannya sistem satu arah masih berada dalam kategori C yang kemudian meningkat menjadi kategori B setelah diberlakukannya sistem satu arah.
Pengaruh Pasir Besi pada Campuran Lapis Aus AC-WC terhadap Deformasi Permanen
Ramadhani, Putri Sari;
Sukmawati;
Badaron, St. Fauziah;
Bulqis;
Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/fns8ee30
Kekayaan sumber daya alam di Indonesia termasuk pada potensi ketersediaan pasir besi yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai bahan perkerasan. Khusus di Sulawesi Selatan, keberlimpahan pasir besi dideteksi ada di wilayah Barru, Takalar, Jeneponto, dan Selayar yang memiliki akumulasi ketersediaan sekitar 3,4 juta ton. Penelitian ini diadakan untuk menganalisis campuran lapis aus AC-WC yang mengandung pasir besi dan menguji kelayakannya untuk dimanfaatkan sebagai bahan tambah dalam campuran melalui pengujian Marshall dan deformasi permanen dengan wheel tracking. Variasi pasir besi yang dicoba yaitu 0%, 1%, 2%, 3%, 4%. Benda uji yang didesain sebanyak 2 briket tiap kadar pasir besi. Hasil pengujian menunjukkan karakteristik pasir besi memenuhi standar pengujian deformasi permanen campuran. Hasil lainnya menunjukkan bahwa pemanfaatan pasir besi dalam campuran berdampak pada menurunnya nilai stabilitas dan meningkatnya nilai kerapatan secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa karakteristik campuran dan kadar optimum pasir besi ada pada variasi 2% karena mampu meningkatkan nilai stabilitas dan nilai VFA yang disinyalir terjadi karena lebih kecilnya rongga dalam agregat pasir yang mengakibatkan rendahnya absorbsi aspal sehingga aspal akan mengisi rongga- rongga yang ada pada campuran.
Pengaruh Abu Cangkang Telur Sebagai Bahan Subtitusi Parsial Semen Terhadap Sifat Mekanik Beton
Khaerul;
Adriansyah, Muhammad;
Hadi, Abd. Karim;
Fadhil, Arsyad;
Maruddin, Mukti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 (2021): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2021
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33096/rz3mjx29
Semakin tingginya kebutuhan akan pembangunan di Indonesia, menekan biaya infrastruktur dengan inovasi pemanfaatan material alternatif harus menjadi solusi jangka panjang. Menjadi nilai tambahan jika material konstruksi alternatif yang dimanfaatkan adalah limbah buangan. Salah satu limbah yang potensial dimanfaatkan yaitu limbah cangkang telur yang potensial dicobakan sebagai material subtitusi semen pada campuran beton. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kuat tekan dan kuat tarik belah pada beton yang berisi abu cangkang telur sebagai material subtitusi parsial semen sehingga dapat diketahui kadar abu cangkang yang optimum. Pada penelitian ini dibuat beton dengan bahan baku abu cangkang telur yang dikombinasikan dengan material penyusun beton pada umumnya. Secara parsial, abu cangkang telur menggantikan berat semen dengan kadar 0%, 4%, 8%, dan 12% dari total berat semen. Dari hasil pengujian umur 28 hari kuat tekan yang dihasilkan nilai kuat beton setiap kadar abu cangkang secara berurutan yaitu 30.48 MPa; 33.69 MPa; 35.59 MPa; dan 29.44 MPa. Kuat tarik belah yang dihasilkan pada umur 28 hari untuk setiap kadar abu cangkang secara berurutan yaitu sebesar 3.26 MPa; 3.82 MPa, 4.10 MPa, dan 3.40 MPa. Artinya penggunaan abu cangkang telur sebanyak 8% dari berat total semen yang menghasilkan kuat tekan 35.116 Mpa dan tarik belah maksimum 4.043 Mpa yang menjadikan variasi abu 8% sebagai kadar optimum.