cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@lontaradigitech.com
Phone
+6281212989654
Journal Mail Official
kreativa@lontaradigitech.com
Editorial Address
Jalan Abdullah Dg. Sirua, Kompleks BTN CV Dewi Blok B6 Nomor 12, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30249236     DOI : https://doi.org/10.61220/kreativa
Core Subject : Humanities, Social,
This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The journal includes, but is not limited to the following fields: Sosial Kependidikan Sains Bisnis dan Ekonomi Teknik dan Kejuruan
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Issue No. 2: January 2025" : 13 Documents clear
Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Digital Menggunakan ESRI ArcGIS Survey123 Bagi Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Al-Hikmah Pangkep Yanti, Jeddah; Ichsan Invanni Baharuddin; Dinil Qaiyimah; Muhammad Faisal Juanda; Nurul Afdal Haris
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20253

Abstract

Tuntutan kompetensi guru yang profesional di era digital sejalan dengan perkembangan sektor pendidikan yang menekankan pada integrasi ilmu pengetahuan, komunikasi organisasi, dan teknologi terapan dalam mata pelajaran. Peningkatan platform digital untuk menunjang proses belajar mengajar siswa terus meningkat secara real-time dengan cepat. Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar mengadakan program pelatihan menggunakan ESRI ArcGIS Survey123 bersama SMP IT Al-Hikmah Pangkep (mitra). Terkait dengan platform digital, keterbatasan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses belajar mengajar menyebabkan media pembelajaran terbatas dan kurang terorganisir sehingga database hasil pembelajaran kurang dievaluasi. Mitra mempelajari manfaat penggunaan aplikasi digital untuk mengumpulkan, mengatur, menganalisis, dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan cepat, efektif, dan efisien. ArcGIS Survey123 memberikan akses bagi pelajar dan akademisi profesional sebagai bentuk mitra dukungan ESRI. Aplikasi ini telah diterapkan pada sistem tingkat IGCSE Cambridge bidang sains dan ilmu sosial untuk siswa sekolah dasar di berbagai negara seperti Singapura. Pemanfaatan Aplikasi Digital dengan menggunakan ESRI ArcGIS Survey123 di SMP IT Al-Hikmah Pangkep dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta meningkatkan minat dan bakat siswa dalam mengeksplorasi aplikasi digital, yang diharapkan dapat disosialisasikan baik kepada rekan sejawat maupun siswa. di kelas. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh guru dan siswa diterima dengan lancar. Peningkatan pembelajaran efektif mendorong mitra untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi digital dalam sistem belajar mengajar secara terus menerus.
Kegiatan Pembelajaran Sains Yang Interaktif: Mendorong Minat Siswa Sekolah Dasar Dalam Eksplorasi Ilmu Pengetahuan Evan Haviana; Rully Arifiansyah; Sari Agusliana; Muhammad Arsyad; Aristanto
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20251

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di SD Putera Batam melalui metode interaktif berbasis teknologi. SD Putera Batam, yang mengadopsi kurikulum nasional dan berbasis IT, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi dan metode interaktif untuk pembelajaran sains. Melalui pelatihan, workshop, dan pendampingan, guru diberikan wawasan dan keterampilan untuk menerapkan metode seperti pembelajaran berbasis proyek, eksperimen langsung, dan penggunaan media digital. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode interaktif dari 60% menjadi 90%. Minat siswa terhadap sains meningkat dari 50% menjadi 80%, berkat pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan melibatkan mereka secara aktif. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga meningkat signifikan, dari 40% menjadi 85%, dengan guru dan siswa mampu menggunakan laboratorium virtual dan alat bantu digital. Selain itu, kolaborasi siswa dalam proyek berbasis sains meningkat dari 55% menjadi 88%, mencerminkan keberhasilan dalam mendorong kreativitas dan kerja sama siswa. Program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memberikan keberlanjutan melalui pelatihan yang memberdayakan guru untuk terus menggunakan metode interaktif dan evaluasi yang komprehensif. Dengan hasil yang positif pada semua indikator, program ini dapat menjadi model bagi sekolah lain yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran sains berbasis teknologi.Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di SD Putera Batam melalui metode interaktif berbasis teknologi. SD Putera Batam, yang mengadopsi kurikulum nasional dan berbasis IT, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi dan metode interaktif untuk pembelajaran sains. Melalui pelatihan, workshop, dan pendampingan, guru diberikan wawasan dan keterampilan untuk menerapkan metode seperti pembelajaran berbasis proyek, eksperimen langsung, dan penggunaan media digital. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode interaktif dari 60% menjadi 90%. Minat siswa terhadap sains meningkat dari 50% menjadi 80%, berkat pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan melibatkan mereka secara aktif. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga meningkat signifikan, dari 40% menjadi 85%, dengan guru dan siswa mampu menggunakan laboratorium virtual dan alat bantu digital. Selain itu, kolaborasi siswa dalam proyek berbasis sains meningkat dari 55% menjadi 88%, mencerminkan keberhasilan dalam mendorong kreativitas dan kerja sama siswa. Program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memberikan keberlanjutan melalui pelatihan yang memberdayakan guru untuk terus menggunakan metode interaktif dan evaluasi yang komprehensif. Dengan hasil yang positif pada semua indikator, program ini dapat menjadi model bagi sekolah lain yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran sains berbasis teknologi.
Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren Manbaul Huda Seureuh Jawa Cibiuk Kabupaten Garut Dalam Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Ekoenzim Dadang Muhammad Hasyim; STIKES Karsa Husada Garut; Yogi Rahman Nugraha; Nurul; Elang Mohamad Atoilah; Dede Suharta; Firman Muharam
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20252

Abstract

Pengelolaan limbah organik merupakan tantangan di lingkungan pesantren yang dapat menimbulkan permasalahan lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Program ini bertujuan untuk memberdayakan santri Pondok Pesantren Manbaul Huda di Seureuh Jawa, Cibiuk, Garut, dalam mengolah limbah organik menjadi ekoenzim, sebuah produk hasil fermentasi yang bermanfaat sebagai pupuk organik dan cairan pembersih alami. Program ini dilaksanakan melalui tahap-tahap persiapan, pelatihan, praktik produksi, pemanfaatan produk, dan evaluasi keberhasilan. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa 90% santri aktif berpartisipasi dalam kegiatan dan memiliki pemahaman yang baik tentang pembuatan ekoenzim, sebagaimana dibuktikan dengan peningkatan skor post-test rata-rata sebesar 85%. Sebanyak 65 liter ekoenzim berhasil diproduksi, melampaui target awal sebesar 50 liter. Produk ekoenzim dimanfaatkan untuk kebutuhan internal pesantren dan mulai dijual ke masyarakat oleh beberapa santri, menunjukkan potensi kewirausahaan yang tumbuh. Kesadaran lingkungan di kalangan santri juga meningkat, dengan 75% santri mulai memilah limbah secara mandiri. Program ini diintegrasikan ke dalam kurikulum pesantren, menjadikannya sebagai kegiatan rutin yang berkelanjutan. Dengan pendekatan kolaboratif dan berbasis praktik, program ini berhasil menciptakan pesantren yang ramah lingkungan, mandiri secara ekonomi, dan berpotensi menjadi model pemberdayaan lingkungan yang dapat direplikasi di wilayah lain.
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Padlet Dalam PelaksanaanPembelajaran Digital di SD Islam Athirah racing Center Makassar Wirawan, Zose; Masni, Masni; Asriadi, Muhammad; Adi, Muhammad Asriadi
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20255

Abstract

Pelatihan penggunaan aplikasi Padlet dalam pembelajaran digital di SD Islam Al-Azhar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital berbasis kolaborasi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, kebutuhan peserta diidentifikasi melalui survei, dan modul pelatihan disusun untuk memberikan panduan yang praktis. Pelaksanaan pelatihan melibatkan metode partisipatif dengan simulasi langsung penggunaan Padlet dalam konteks pembelajaran. Guru diajarkan cara membuat dinding Padlet, berbagi konten, serta memfasilitasi interaksi siswa secara digital. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata dari 45 pada pre-test menjadi 85 pada post-test. Guru juga melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi selama pelatihan, seperti konektivitas internet, dapat diatasi melalui koordinasi dan dukungan teknis. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran digital dan mempersiapkan guru menghadapi tantangan era teknologi.
Penggunaan Puzzle Games untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Andika isma; Nuril Huda; Eka Adnan Agung
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20254

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan aspek krusial dalam pendidikan yang mendukung keterampilan siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), pengembangan kemampuan numerasi sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan pendidikan lebih lanjut. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dan kurang tertarik pada pelajaran matematika akibat metode pengajaran yang monoton. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih menarik untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka terhadap materi matematika. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah penggunaan puzzle games sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penerapan permainan teka-teki dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SMP Wahyu Makassar, sebuah sekolah dengan komitmen tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan melalui teknologi. Melalui pembelajaran berbasis puzzle games, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah serta berpikir kreatif dalam suasana belajar yang menyenangkan. Evaluasi dilakukan secara sistematis melalui pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas metode ini. Diharapkan hasil dari penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi pada peningkatan kemampuan numerasi di SMP Wahyu Makassar tetapi juga menjadi referensi bagi institusi lain dalam menerapkan teknologi dan permainan edukatif guna meningkatkan kualitas pendidikan matematika secara keseluruhan.
Kolaborasi Guru dan Orang Tua: Strategi Komunikasi Efektif di Tengah Tantangan Era Digital Yusuf, Nur Rahmah Patimah; Jihan Nadia; Musi, Muhammad Akil; Hasmawaty; Fitriani Dzulfadhilah
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20256

Abstract

Seminar parenting bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membangun komunikasi efektif di era digital. Era digital menghadirkan tantangan besar bagi orang tua dan guru dalam membimbing anak-anak menghadapi paparan teknologi, termasuk risiko konten negatif dan cyberbullying. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di TK Batara Bira Makassar dengan partisipasi 3 guru dan 17 orang tua, menggunakan metode ceramah dan diskusi interaktif. Seminar ini memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang risiko dan manfaat teknologi digital, serta strategi komunikasi yang efektif dalam keluarga. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan keterampilan peserta sebanyak 80%. Guru dan orang tua kini lebih siap menghadapi tantangan digital parenting, termasuk penerapan pola asuh yang bijak dan pengawasan penggunaan perangkat digital oleh anak-anak. Kegiatan ini juga memperkuat sinergi antara guru, orang tua, dan anak, mendukung terciptanya lingkungan pengasuhan yang positif dan harmonis. Solusi yang ditawarkan, seperti pendekatan empati, pengaturan penggunaan teknologi, dan edukasi etika digital, memberikan landasan kuat untuk membimbing anak dalam memanfaatkan teknologi secara optimal. Dengan hasil yang positif, program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membangun komunikasi efektif dan kesadaran digital di kalangan orang tua dan guru.
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi Pengelola BUMDes Desa Parang Ba’do Kabupaten Takalar Khaeruddin, Faizah; Faizah Khaeruddin; Rahmawati. R; Putri, Nur Vadila; Dewi, Shabrina Syntha; Alkam, Rahayu
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20257

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Parang Ba’do, Kabupaten Takalar, dalam menyusun laporan keuangan sederhana yang sesuai dengan prinsip akuntansi dasar. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan pemahaman dalam mencatat transaksi usaha secara sistematis dan menyusun laporan keuangan sebagai alat pertanggungjawaban serta pengambilan keputusan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pendekatan partisipatif melalui pelatihan, simulasi pencatatan transaksi, dan pendampingan langsung dalam penyusunan laporan keuangan. Materi yang diberikan mencakup prinsip dasar akuntansi, format laporan keuangan sederhana, serta praktik pencatatan kas, penjualan, pembelian, dan biaya operasional. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap siklus akuntansi dan kemampuan menyusun laporan keuangan yang mencerminkan kondisi keuangan BUMDes. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes, serta menjadi fondasi penting bagi penguatan tata kelola keuangan desa. Ke depan, diperlukan pendampingan lanjutan untuk mengintegrasikan sistem pelaporan digital dan pelatihan audit internal sederhana.
Pelatihan Mini Project Lampu Hias terhadap Anak-anak Jalanan Kota Makassar Arif, Rifda Nur Hikmahwati; Nur Hikmahwati Arif, Rifda; H. Muhiddin, Nurhayani; Ahmad, Fandi; Samputri, Salma; Nurfitra Yanto
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20258

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu anak-anak yang terlantar di jalanan kota Makassar memperoleh keterampilan produktif dalam pembuatan mini project lampu Hias. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam dua tahap. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dibagi menjadi dua tahapan yang pertama adalah pengenalan mini project sains berbasis fisika lampu hias, tahapan kedua yaitu pelatihan pembuatan lampu hias terhadap anak-anak jalanan di kota Makassar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah terciptanya keterampilan produktivitas dalam pembuatan lampu hias, baik sebelum dan sesudah. Diharapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini akan membantu anak-anak meningkatkan keterampilan produksi mereka, terutama dalam membuat mini project lampu hias, dan juga membantu mereka menjadi lebih baik dalam berwirausaha.
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Digital Surianto, Dewi Fatmarani; S, Nurul Fadhillah; Dzulfadhilah, Fitriani; Wardah, Siti Syarifah Wafiqah; Baso, Fadhlirrahman
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20259

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mengembangkan keterampilan dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik, berkesan, dan relevan bagi generasi digital. Canva sebagai platform desain yang berani dan gratis serta mudah digunakan, menawarkan peluang besar untuk mendukung pengembangan media terbuka visual dan interaktif di berbagai jenjang pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di UPT SPF SMPN 50 Makassar dalam memanfaatkan Canva sebagai perangkat pembelajaran yang optimal. Pelatihan diselenggarakan dalam bentuk workshop aplikasi dengan pendekatan inklusif. Peserta dibekali materi konseptual dan teknis dalam Canva, dilanjutkan dengan sesi pelatihan praktik untuk membuat berbagai desain seperti poster, infografis, dan materi ajar presentasi. Penilaian dilakukan dengan pre-test dan post-test yang diberikan kepada 35 guru peserta. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang signifikan dari 53,43 pada pre-test menjadi 81,57 pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan terstruktur dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru secara signifikan. Selain peningkatan kognitif, peserta juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dan menyatakan keinginan untuk mengintegrasikan Canva ke dalam proses pembelajaran. Disarankan agar pelatihan ini diulang di sekolah lain sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan literasi digital para pendidik.
Sosialisasi Etika, Pengaruh dan Dampak Penggunaan Media Sosial Pada Kelompok Siswa SMK 3 Takalar Aqsha, Ismail; Aqhsa, Ismail; Husnah, Asmaul; Dewi, Shabrina Synta; Sulaiman , Dwi Rezky Anandari; Baso, Fadhlirrahman
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Issue No. 2: January 2025
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v2i2.20260

Abstract

Pengabdian dengan judul sosialisasi etika, pengaruh dan dampak penggunaan penggunaan media sosial pada kelompok siswa SMK 3 Takalar bertujuan (1) pemahaman siswa terhadap etika digital serta  prinsip – prinsip etika dalam berinteraksi di media sosial, (2) memerikan pemahaman tentang kesadaran terhadap dampak negatif media sosial seperti cyberbullying, kecanduan media sosial, penurunan prestasi belajar, serta potensi terpapar konten negatif, (3) Melaksanakan kegiatan pembinaan atau sosial terkait etika digital di sekolah. Metode pelaksanan yang digunakan adalah berbentuk sosialisasi dengan melakukan persentase, tanya jawab dan evaluasi, kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari dengan kehadiran 34 siswa/i. Beradasarkan kegiatan yang dilaksanakan  maka dapat disimpulkan bahwa Tahapan- Tahapan yang telah dilaksanakan mulai dari perencanaan, persiapan, pelatihan hingga tahap evaluasi dari hasil pelatihan terlaksana dengan baik, tidak hanya itu, motivasi dan antusias kehadiran peserta pelatihan diperoleh kehadiran sebsear 100% dari target peserta, peserta sebanyak 34 orang dalam pertemuan fokus menyimak dalam pemberian materi. sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian di SMK 3 Takalar dikategorikan berhasil dan memberikan hasil memuaskan sesuai dengan target capaian pada indikator antara kesesuaian perencanaan, pelaksanaan dan hasil evaluasi. hasil evaluasi pada peserta pelatihan memberikanhasil bahwa peserta pelatihan telah mampu meningkatkan pengetahuan etika, ketrampilan penggunaan sosial media dengan bijak.

Page 1 of 2 | Total Record : 13